Seberapa Pentingkah Pendidikan bagi Kaum Wanita?

0
196

Menurut saya pendidikan sangat lah penting terutama di zaman modern yang serba canggih ini. Pendidikan memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan sangat menentukan masa depan seseorang. Hanya dengan melalui pendidikan kita bisa memperoleh gelar sarjana, doctor bahkan profesor.

Tanpa pendidikan seseorang tidak akan mendapat kan sebuah gelar apa-apa. Karena itu, jadilah orang yang terdidik dan berpendidikan agar kamu bisa memperoleh gelar sarjana yang akan melekat di depan belakang namamu kelak.

Sebagian  orang tua menganggap bahwa pendidikan tidak harus tinggi-tinggi apalagi untuk kaum wanita, karena ujung-ujungnya mereka akan kembali ke dapur setelah mereka berumah tangga.

Ketahuilah bahwa pendidikan tidak hanya diperuntukkan bagi kaum lelaki saja, tetapi sebenarnya pendidikan juga tidak kalah penting  bagi kaum wanita.  Pendidikan mencakup semua kalangan, baik  untuk kaum laki-laki maupun kaum wanita.

Saya sungguh tidak setuju dengan pernyataan yang menyatakan bahwa wanita tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Karena menurut saya, wanita justru harus berpendidikan tinggi karena merekalah yang pertama kali yang  akan mengajarkan anak-anak mereka dan mengenalkan mereka pada angka, huruf dan abjad.

Wanitalah yang pertama kali akan mengajarkan anak-anak mereka membaca dan menulis serta memperkenalkan mereka kepada sang pencipta.

Lihat juga:  Hakikat Hidup Yang Sebenarnya

Lalu bagaimanakah seorang wanita bisa mendidik anak-anak mereka dengan didikan yang baik dan benar, serta mengajarkan mereka ilmu agama dan mencontohkan sifat Rasulullah kepada mereka sementara ibu mereka bukanlah seorang yang berpendidikan dan tidak memahami cara mendidik anak yang baik.

Ini sungguh merupakan kesalahan yang besar apabila kita masih menganggap bahwa pendidikan tidak begitu penting bagi kaum wanita. Padahal faktanya, seorang anak akan belajar banyak ilmu dari ibu mereka.

Ibu mereka lah yang seharusnya memberikan dasar ilmu agama kepada anak-anak mereka, memperkenalkan mereka kepada Islam serta mendidik mereka dengan didikan Islami sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi, sebelum mereka dibawa ke sekolah untuk menimbah ilmu di bangku sekolah.

Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa : الأم مدرسة الأولي  ( Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya ). Ungkapan ini menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki peran pertama dan utama dalam mendidik dan membentuk karakter anak-anak mereka sesuai dengan karakter yang diharapkan oleh Islam.

So, jangan sampai kita ikut-ikutan mengatakan bahwa pendidikan bagi kaum wanita tidak mesti harus tinggi-tinggi, tamat SMA saja itu sudah lebih dari cukup. Ini merupakan  suatu anggapan yang salah dan keliru. *Kasmiyani