Media Pembelajaran “Miniatur Kota 3D”

0
157

Ada begitu banyak media ajar yang bisa digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris, terutama Bahasa Inggris untuk anak-anak. Salah satunya Miniatur Kota 3D (3D City). Media ajar ini tidak terlalu sulit untuk dibuat, serta tidak membutuhkan dana yang banyak. Sehingga, media ajar ini tidak memberatkan para guru untuk membuat dan menyediakan media ajar ini.

Miniatur Kota 3D ini bisa digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris dengan berbagai topik pembahasan. Seperti mengajar Directions (arah), Colors (warna), Buildings (bangunan), Occupations (pekerjaan), Vehicles (kendaraan), Traffic Signs (rambu-rambu lalu lintas), dan sebagainya.

  1. Directions

Untuk mengajar directions menggunakan Miniatur Kota 3D, bisa menjalankan mobil dari bangunan satu ke bangunan yang lainnya dengan mengikuti jalan. Jika pelajar anak-anak, bisa mengajarkan directions (arah) yang sederhana, seperti turn left (belok kiri), turn right (belok kanan), dan go straight (jalan terus/lurus).

  1. Colors

Mengajar colors (warna) dengan Miniatur Kota 3D, guru bisa membuat bangunan dengan warna berbeda-beda. Dengan begitu, anak-anak akan belajar warna secara tidak langsung, dan belajar warna sambil bermain. Misal, guru mengatakan “saya di bangunan berwarna merah, bawa saya ke bangunan biru”, ini bisa full Inggris maupun bilingual (2 bahasa). Kemudian anak-anak akan menjalankan mobil dari bangunan merah ke bangunan biru, sesuai dengan perintah guru.

  1. Buildings
Lihat juga:  To Be – Simple Present Tense

Dalam mengajar buildings (bangunan) menggunakan Miniatur Kota 3D, bangunan dibuat berwarna-warni serta diberi nama bangunan diatasnya; misal Hospital, Bank, School, Mall, dll. Penggunaan media ajar ini hampir sama dengan mengajar colors (warna), yakni menjalankan mobil dari bangunan 1 ke bangunan yang lainnya sesuai dengan perintah guru.

  1. Occupations

Dalam mengajar occupations (pekerjaan) menggunakan Miniatur Kota 3D, sedikit meminta anak-anak untuk berfikir. Karena anak-anak diminta untuk menebak jenis pekerjaan yang sesuai di dalam sebuah bangunan. Misal, dalam bangunan Hospital (rumah sakit) ada siapa/pekerjaan apa? Doctor, Nurse, dll.

  1. Vehicles

Untuk mengajar vehicles (kendaraan), guru diminta untuk membuat berbagai macam jenis kendaraan untuk dimainkan. Misal, ada mobil, motor, sepeda, truck, bus, dll. Sehingga, anak-anak bisa bermain sambal belajar kendaraan.

  1. Traffic Signs

Belajar traffic signs (rambu-rambu lalu lintas) menggunakan Miniatur Kota 3D, maka miniatur kota tersebut harus dilengkapi dengan berbagai macam rambu-rambu lalu lintas. Kemudian menjalankan/memainkan kendaraan dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Itulah Miniatur Kota 3D yang bisa digunakan untuk  mengajar Bahasa Inggris dengan berbagai topik pembahasan. Guru cukup membuat 1 Miniatur Kota 3D, sudah bisa mengajar Bahasa Inggris dengan berbagai topik. Guru bisa menggunakan Miniatur Kota 3D untuk topik lain selain yang disebutkan diatas, serta menggunakan metode lain yang lebih interaktif sesuai dengan kreativitas dan kemampuan guru. *ais