6 hal mengagumkan sekolah di Thailand

0
271
Tertib di sekolah

Edunisia.com – Ketika diberi kesempatan pergi keluar negeri terutama di negara Asia, ada banyak hal, wawasan, maupun pengetahuan baru yang bisa didapatkan, baik tentang makanan, adat, budaya, maupun Bahasa yang tentunya memiliki perbedaan dengan Indonesia. Salah satunya yang menarik untuk dibahas adalah negara Thailand.

Yang menarik untuk dibahas tentang Thailand adalah adat, budaya, maupun kebiasan yang sering atau rutin dilakukan di sekolah. Setidaknya ada 6 hal yang membuat sekolah di Thailand itu mengagumkan. Kebiasaan ini bisa menjadi contoh baik buat kita semua.

  1. Upacara setiap hari
Ilustrasi upacara sekolah di Thailand

Sekolah di Thailand, terutama di Chiang Rai, itu melakukan upacara setiap hari kecuali hujan dan hari libur tentunya. Jangan dibayangkan upacara seperti di Indonesia ya, yang berdiri dari awal sampai selesai. Mereka berdiri hanya ketika  menyanyikan lagu Nasional. Setelah itu, ada penampilan-penampilan, baik bernyanyi maupun kesenian lainnya.

  1. Berdiri ketika menyanyikan lagu nasional
Berdiri ketika menyanyikan lagu nasional

Ketika upacara, mereka semua berdiri dilapangan untuk menyanyikan lagu nasional secara bersama-sama. Jika tidak upacara, mereka berdiri di depan kelas (teras) kemudian menyanyikan lagu secara bersama-sama.

Hal yang mengagumkan adalah, ketika ada yang sedang berjalan kaki dan mendengar ada yang menyanyikan lagu, mereka akan berhenti berjalan, dimana dan dalam keadaan apapun, baik panas maupun hujan, dan kemudian ikut menyanyikan lagu tersebut.

  1. Hormat kepada semua guru maupun orang lain
Lihat juga:  Cinta Suci
Respect ke semua guru

Ketika siswa-siswi bertemu maupun berpapasan dengan guru, mereka akan menyapa guru dengan ucapan ‘sawadee khap’ / ‘sawadee kha’. Apabila yang mengucapkan perempuan, maka akan menyapa ‘sawadee kha’. Sebaliknya, jika laki-laki yang mengucapkan, maka akan berubah menjadi ‘sawadee khap’. Ini menunjukkan salah satu contoh hormat siswa kepada guru.

  1. Ada program MEP
Mini English Program (MEP)

Hal yang menarik pada kurikulum di Thailand, adanya program Mini English Program (MEP) dimana mata pelajaran Matematika, sains, komputer, dan mata pelajaran lainnya diajarkan menggunakan 2 bahasa, Bahasa Inggris dan Bahasa Thailand.

  1. Ada banyak kompetisi
Ada banyak kompetisi (open house)

Di Thailand, ada banyak kompetisi atau yang disebut open house untuk para siswa Mini Englis Program (MEP) dan English Program (EP). Perlombaannya pun bermacam-macam, ada proyek sains dan matematika, storytelling atau bercerita dalam Bahasa Inggris, speech (pidato), debat, dan masih banyak lainnya.

  1. Tertib
Tertib di sekolah

Para siswa di Thailand dilatih untuk tertib di sekolah. Mereka diperbolehkan membawa HP ke sekolah, akan tetapi HP mereka akan disimpan di dalam box ketika upacara, atau sebelum pelajaran dimulai. Mereka boleh mengambilnya kembali ketika sudah waktunya untuk pulang.

Nah, itulah yang membuat sekolah di Thailand itu mengagumkan yang bisa kita pelajari dan patut untuk dicontoh.*ais